Minggu, 22 Januari 2012

5 Ide Liburan Panjang Imlek

Imlek tahun ini bisa digolongkan libur panjang, karena jatuh tepat pada hari Senin. Anda punya waktu tiga hari untuk mendatangi tempat-tempat seru untuk meramaikan Tahun Baru China kali ini!

Bagi sebagian orang, tiga hari adalah waktu yang cukup untuk liburan ke luar kota. Namun jangan kuatir, beberapa tempat wisata di Jakarta akan diwarnai oleh perayaan Imlek yang seru.

Jika ingin melepas ingatan akan kemacetan dan rutinitas Anda di ibukota, beberapa kota di pulau Jawa juga bisa jadi pilihan. detikTravel, Jumat (20/1/2012) merangkum 5 tempat wisata seru untuk Anda kunjungi di liburan Imlek tahun ini.

 1. Taman Impian Jaya Ancol
Kawasan wisata di Teluk Jakarta ini selalu menyuguhkan acara seru. Khusus memeringati Imlek, Ancol mengusung tema "Dragon on the Beach" yang berlangsung mulai tanggal 22-29 Januari mendatang.

Kemeriahan perayaan Imlek menyebar di beberapa lokasi. Anda bisa menyaksikan atraksi Barongsai dan Liong di sepanjang Pantai Marina hingga dermaga Pantai Indah. Di Plaza Promenade Kapal Pecah, Anda bisa menyaksikan atraksi Barongsai Patok dan panggung musik yang menyajikan lagu-lagu mandarin. Satu lokasi yang tak boleh Anda lewatkan pada hari Minggu atau Senin mendatang adalah Ocean Dream Samudera. "Underwater Chinese New Year" akan menjadi temanya.

Hari Minggu mendatang (22/1), Anda juga bisa memasuki Putri Duyung Cottage untuk menyaksikan atraksi Barongsai dan Liong, serta parade Chinese Ethnic Culture yang akan berlangsung di kawasan resor.

Keesokan harinya, jangan lupa menyambangi kawasan Danau Ancol karena ada Dragon Boats Parade. Bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia, lomba dayung perahu naga ini memiliki rute dari Ereveld hingga Bandar Jakarta. Anda bisa menyaksikan lomba ini mulai pukul 10.00 WIB.

Jangan lupa mengisi daya baterai kamera Anda, karena akan banyak momen yang bisa Anda abadikan. Salah satunya addalah Giant Dragon, lampion khas China dengan bentuk naga. Bersiaplah melihat bentuknya karena Giant Dragon ini merupakan yang terbesar di Indonesia, dengan panjang 150 meter!


 2. Taman Budaya Tionghoa TMII
Tak ada secuilpun festival budaya yang terlewatkan oleh Taman Mini Indonesia Indah. Untuk memeriahkan Imlek tahun ini, terdapat Pekan Budaya Tionghoa Indonesia 2012 yang berlangsung mulai 22 Januari hingga 5 Februari mendatang.

Jika Anda hanya punya satu hari untuk menyambangi tempat ini, datanglah pada hari Minggu (22/1). Anda bisa menyaksikan Atraksi 2, sebuah parade yang akan memeriahkan jalanan sepanjang TMII. Terdapat dua grup Barongsai dan Liong yang akan berarak-arakan mulai dari Plaza Tugu Api Pancasila. Parade ini juga dimeriahkan oleh beberapa atraksi dan tarian-tarian tradisional


 3. Kota Wisata Cibubur
Bicara tentang Pecinan, Kampung Cina yang terletak di dalam Kota Wisata Cibubur ini pastinya tak mungkin terlewat. Selain pertunjukan Barongsai dan Liong, Imlek tahun ini juga akan dimeriahkan oleh acara bertema Fashion Show & Modern Dance Imlek Extravaganza. Acara ini berlangsung mulai esok hari, tepat tanggal 21 Januari.

Selain acara tersebut, Anda bisa melakukan wisata budaya dan wisata belanja. Beberapa bangunan dan kelenteng bisa Anda masuki untuk mengenal lebih dalam budaya dan tradisi China. Jejeran toko dan stan yang didekorasi khas China menjajakan berbagai barang dan panganan khas. Mulai dari Chongsam (baju merah khas umat Tionghoa) hingga pernak-pernik dan interior khas China.

Kampung Cina dikenal sebagai kawasan Pecinan terbesar di luar area Jakarta. Jangan sampai ketinggalan untuk menikmati keseruannya!


 4. Bandung, Jawa Barat

Kota Bandung tak bosan-bosannya menjadi eskapisme warga Jakarta dalam menghabiskan jatah libur, termasuk libur Imlek nanti. Selain udaranya yang sejuk, Bandung juga terkenal dengan kuliner unik hasil pemikiran para mojang-jajakanya yang kreatif.

Oleh karena itu, manfaatkan waktu Anda untuk mengunjungi Chinatown Food Festival dan Chinatown Fair 2012. Acara ini bertempat di Festival Citylink, Jl Peta No 241. Walaupun telah dimulai pada 13 Januari lalu, acara ini akan berlangsung hingga tanggal 5 Februari mendatang.

Di Chinatown Food Festival, Anda bisa menemukan berbagai panganan. Tak hanya identik dengan China, tapi juga berbagai masakan hasil akulturasi rempah dan budaya. Seru, kan? Di sinilah tempat Anda bisa menyicip Bakmi Palembang Huang Ti, Bakmi Keriting Medan, hingga minuman segar khas Bandung yaitu Cendol Elizabeth!


 5. Solo, Jawa Tengah

Siapa bilang kota di Jawa Tengah ini tak punya kawasan Pecinan? Adalah Sudiroprajan, kawasan yang menjadi pusat perayaan Imlek dari tahun ke tahun. Ini adalah tempat yang tepat untuk berwisata budaya, terutama jika Anda memilih untuk merasakan khidmatnya Tahun Baru China.

Memasuki tempat ini, Anda akan disambut oleh lampion khas China yang jumlahnya ribuan. Tak hanya itu, kawasan yang terletak di areal Pasar Gede ini juga memiliki lampion berbentuk naga. Lampion naga ini akan dipasang di Kelenteng Tien Kok Sie.

Mulai hari Minggu (22/1) malam hingga Senin (23/1) dini hari, Anda bisa mengunjungi kelenteng ini untuk ikut memanjatkan doa bersama. Anda juga akan diajak untuk menulis nama diri sendiri permukaan lampu minyak, lalu dinyalakan sebagai simbolisasi penerangan jiwa. Solo adalah tempat yang tepat bagi Anda mengikuti ritual Imlek yang khidmat











sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12674168

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting